Kesalahan Marketing di Sosial Media

Bisnis Online dan Sosial Media

Jika Anda pelaku bisnis online, Anda pasti tidak akan lepas dari sosial media seperti Facebook dan Twitter. Dua sosial media ini sangat efektif untuk menemukan calon pembeli. Akan tetapi, pertanyaannya adalah kenapa banyak pelaku bisnis online yang
menggunakan sosial media tidak berhasil dalam hal mendatangkan pembeli?
jasa penulisan artikel

Dont Do This Again

Kebanyakan social media marketer melakukan direct sale kepada calon pembeli. Seperti contoh, pebisnis online biasanya melakukan update status “Kamera Canon Tipe X Turun Harga”. Sebenarnya, marketing semacam ini sudah tidak dilakukan lagi oleh perusahaan skala besar. Pemilik perusahaan besar tentunya tidak melakukan direct sale dengan memasang billboard atau iklan di TV. Melakukan direct sale sangat beresiko tinggi. Resiko untuk mendapatkan respon negatif pun tinggi.


Untuk itu, alangkah bijak jika para pebisnis online meninggalkan hal tersebut (direct sale). Mereka seharusnya lebih fokus pada building  relationship. Artinya, online marketer sebaiknya mendatangkan calon customers sebanyak mungkin dengan menulis update status atau mentweet hal-hal lain selain melakukan direct sale. Hal tersebut akan mampu menarik perhatian banyak orang yang kemungkinan adalah potential customers. Setelah mendapatkan banyak respon, pebisnis online harus merespon balik secara natural. Ibarat kata, jika Anda bertemu dengan seseorang yang membuat Anda tertarik, Anda tentu tidak akan secara langsung mengatakan “will you marry me?” Anda pasti membutuhkan waktu untuk bercakap-cakap terlebih dahulu, bukan?

0 comments:

Post a Comment