Bisnis Online dan Sosial Media
Jika Anda
pelaku bisnis online, Anda pasti tidak akan lepas dari sosial media seperti
Facebook dan Twitter. Dua sosial media ini sangat efektif untuk menemukan calon
pembeli. Akan tetapi, pertanyaannya adalah kenapa banyak pelaku bisnis online
yang
Dont Do This Again
Kebanyakan social media marketer melakukan direct sale kepada calon pembeli. Seperti
contoh, pebisnis online biasanya melakukan update status “Kamera Canon Tipe X
Turun Harga”. Sebenarnya, marketing semacam ini sudah tidak dilakukan lagi oleh
perusahaan skala besar. Pemilik perusahaan besar tentunya tidak melakukan
direct sale dengan memasang billboard atau iklan di TV. Melakukan direct sale
sangat beresiko tinggi. Resiko untuk mendapatkan respon negatif pun tinggi.
Untuk itu,
alangkah bijak jika para pebisnis online meninggalkan hal tersebut (direct sale).
Mereka seharusnya lebih fokus pada building
relationship. Artinya, online marketer sebaiknya mendatangkan
calon customers sebanyak mungkin dengan menulis update status atau mentweet
hal-hal lain selain melakukan direct sale. Hal tersebut akan mampu menarik
perhatian banyak orang yang kemungkinan adalah potential customers. Setelah mendapatkan banyak respon, pebisnis
online harus merespon balik secara natural. Ibarat kata, jika Anda bertemu
dengan seseorang yang membuat Anda tertarik, Anda tentu tidak akan secara
langsung mengatakan “will you marry me?” Anda pasti membutuhkan waktu untuk
bercakap-cakap terlebih dahulu, bukan?
0 comments:
Post a Comment