Menulis, Cara Hemat Jaga Kesehatan

jasa penulisanMenulis ternyata menjadi cara hemat dalam hal menjaga kesehatan. Mau tau alasannya? Check these out


Kesehatan Mental
Karen Baikie, seorang psikolog klinis dari Universitas South Wales mengatakan bahwa menuliskan cerita atau berbagai peristiwa yang kita alami yang penuh dengan tekanan, traumatik, atau emosi ternyata menjadi cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan psikis. Dari beberapa pasien yang pernah ia tangani, pasien yang melakukan kegiatan menulis lebih cepat sembuh dari stres.

Baikie menyarankan bagi seseorang yang mengalami gangguan stres tingkat tinggi, ada baiknya ia menuliskan tiga sampai lima peristiwa yang berkesan selama 15 menit. Baikie menekankan tulisan harus ekspresif. Hal ini dikarenakan menulis mampu menurunkan tekanan darah, memperbaiki funsi lever, meningkatkan mood, serta menghindarkan seseorang dari gejala trauma. Akan tetapi, Baikie tidak menyarankan penderita stres lepas dari perawatan medis. Artinya, kegiatan menulis tersebut menjadi supplemen untuk mengurangi stres lebih cepat.

Menulis Perkuat Sel Kekebalan
Di dalam tubuh kita, ada sel-sel kekebalan tubuh yang disebut dengan T-lymphocytes. James Pannebaker, seorang peneliti dari Unitersitas Texas mengatakan sel-sel kekebalan tubuh tersebut akan semakin kuat jika kita melakukan kegiatan menulis secara rutin.

Menulis Sebagai Cara Memecahkan Masalah
Pannebaker menambahkan seseorang yang sering menulis mampu memecahkan masalah lebih cepat daripada orang yang jarang menulis. Menurut penelitian, menulis merupakan kegiatan positif untuk melatih otak kiri manusia di mana otak kiri merupakan otak yang berfungsi untuk menganalisis. Ketika seseorang menulis (melatih otak kiri), otak akan akan memiliki ruang bebas untuk mencipta, merasakan serta menituisi. Dengan kata lain, kegiatan menulis akan membuat seseorang terhindar dari gangguan mental. Selain itu, menulis juga akan membantu seseorang untuk melatih otak agar mampu memahami masalah dengan lebih baik.

0 comments:

Post a Comment